Selasa, 26 Oktober 2010

LEVODOPA+ KARBIDOPA

NAMA : EKA SOFIA.W
KELAS: A/KP/VII
NIM : 04.07.1570

Levodopa + Karbidopa


- Nama & Struktur Kimia : 3-Hydroxy-L-tyrosine. C9H11NO4
- Sifat Fisikokimia : Serbuk kristal berwarna putih atau agak berwarna krim. Sedikit larut dalam air, larut baik dalam HCl 1 M, larut sebagian dalam 0,1 M HCl, praktis tidak larut dalam alkohol.
- Keterangan : Larutan 1% dalam air mempunyai pH : 4.5-7.0

Golongan/Kelas Terapi Antiparkinson Nama Dagang

Indikasi
Antiparkinson, agonis dopamin.
Dosis, Cara Pemberian dan Lama Pemberian
-
Farmakologi
Levodopa adalah merupakan prekursor dopamin dan digunakan untuk pengobatan parkinson. Obat ini dengan mudahnya dapat memasuki sawar darah otak dimana obat ini dirubah menjadi dopamine. Levodopa aktif terhadap hipokinesia dan kekakuan, terhadap tremor umumnya kurang efektif dibanding dengan obat antikolinergika. Levodopa oral 95 % akan mengalami dekarboksilasi perifer. Untuk mencapai kadar efektif dibutuhkan dosis besar yang disertai efek samping perifer.Karbidopa (penghambat dopa dekarboksilase) dalam dosis terapi tidak melintasi sawar darah – otak. Dengan mencegah metabolisme levodopa ekstraserebral, jumlah dopamine yang terbentuk dalam otak meningkat.Biasanya perbandingan kombinasi levodopa – karbidopa = 10 : 1. Kombinasi ini meningkatkan masa paruh dan kadar plasma levodopa, pada penggunaan kombinasi dosis levodopa dapat diturunkan sampai 75 % sehingga efek samping perifer menurun.
Stabilitas Penyimpanan
Simpan dalam wadah kedap udara, terhindar dari cahaya.
Kontraindikasi
-
Efek Samping
-
Interaksi

- Dengan Obat Lain : Fenotiazin dapat menghambat efek antiparkinson levodopa.MAO non spesifik : efek terapi levodopa akan menurun dan ada risiko hipertensi maka sebaiknya MAO dihentikan dua minggu sebelum pemberian levodopa. Piridoksin menghambat efek antiparkinson levodopa. Fenotiazin, butirofenon, alkaloid rauwalfia, benzodiazepin dan papaverin dapat menurunkan efektifitas levodopa

- Dengan Makanan : Konsentrasi serum puncak levodopa akan menurun jika digunakan bersamaan makanan. Makanan kaya protein (>2 g/kg) menurunkan efikasi levodopa melalui kompetisi dengan asam amino untuk memasuki sawar darah otak.

Pengaruh

- Terhadap Kehamilan : -

- Terhadap Ibu Menyusui : Distribusi karbidopa dan levodopa ke dalam air susu tidak diketahui, gunakan dengan perhatian.

- Terhadap Anak-anak : -

- Terhadap Hasil Laboratorium : Reaksi positif palsu untuk tes glukosa urine

Parameter Monitoring
Tekanan darah, gejala parkinson dan status mental.
Bentuk Sediaan
Tablet Levodopa – Karbidopa 100/10 mg
Tablet Levodopa – Karbidopa 250/25 mg
Peringatan
-
Kasus Temuan Dalam Keadaan Khusus
Warna urin akan berubah menjadi merah,warna feses berubah menjadi hitam, susah tidur, mimpi buruk
Informasi Pasien
-
Mekanisme Aksi
Parkinson adalah gejala yang ditandai dengan kurangnya dopamin striatal. Leodopa bersirkulasi dalam tubuh menuju sawar darah otak, saat menembus untuk diubah oleh enzim stratial menjadi dopamin.
Monitoring Penggunaan Obat
-
Daftar Pustaka
Martindale, 34th edition, 2005
Lexi-Comp's Drug Information Handbook - 14th edition, 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar